dinda kirana dan risky nazar risky nazar and best friend risky nazar and dinda kirana  Kevin lukas dimas anggara

Senin, 03 Juni 2013

AYAM PENYET


Ayam Penyet

AYAM PENYET


Catatan..

Siapa yang tak kenal Ayam Penyet? Sajian ini sangat populer di Jawa Timur khususnya Malang. Uniknya hidangan ini justru saya kenal waktu saya bekerja di salah satu MNC di Pulau Batam. Meskipun bahan pendukungnya yaitu Ayam Goreng dan Sambal Terasi sudah saya kenal dari Ibu dan Nenek Saya, tapi kalau dipadukan berupa sajian Ayam Penyet, baru saya ketahui di perantauan. Unik juga ya?!. Faktanya saat anda merantau, selera lidah juga ikutan merantau ke mana-mana he he.. Belajar mengenal dan mencicipi masakan yang sebelumnya bahkan tidak pernah dengar namanya ;-(. Anyway, sajian ini bisa anda temukan hampir di setiap pojok Food Center di Pulau Batam.

Ayamnya digoreng dengan bumbu dasar klasik yang saya kenal mulai dari Ibu, Nenek dan Ibu2 Tetangga yang saya tahu. Bumbu ini terdiri dari : Bawang putih, ketumbar, kunyit dan garam. Takaran / jumlah bumbu tidak mutlak bisa anda variasi sesuai fantasi dan selera. Bumbu ini bisa anda pakai untuk lauk goreng apa saja : Ayam, Ikan, Daging, Cumi2 dll apapun lauk yang ingin anda goreng. Bumbu yang sederhana, mudah didapat dan cepat proses pembuatannya. Bahan yang akan anda goreng bisa direbus dulu atau bisa digoreng langsung. Tergantung bahan dasar yang akan digoreng. Untuk bahan ikan contohnya tak perlu anda rebus dulu karena ikan cepat lunak. Dalam resep Ayam Penyet ini ayam saya rebus dulu biar agak lunak dan lebih Mak Nyus saat dipenyet.

Mengenai sambalnya, sebenarnya tidak ada jenis sambal yang mutlak untuk sajian Ayam atau Tempe Penyet. Anda bisa memilih sambal apa saja sesuai selera. Sebagai catatan di Jawa Timur di mana hidangan ini berasal, Sajian Ayam Penyet umumnya di sajikan dengan Sambal Terasi atau Sambal Kencur. Resep bisa anda lihat di sub direktori "Aneka Sambal". Silahkan bereksperimen dengan sambal yang lain jika suka. Kali ini saya memilih pakai Sambal Terasi Penyet. Selamat Mencoba dan Ber hah hah huh huh..

Cara Membuat:

  1. Ayam Goreng : Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek.
  2. Jika anda menggunakan blender, tambahkan air secukupnya ke dalam blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  3. Rebus ayam dan bumbu halus dengan api sedang hingga air menyusut dan ayam matang. Angkat. Tiriskan ayam.
  4. Cicipi sisa kaldu, jika perlu tambahkan garam sesuai selera.
  5. Sambal Terasi Penyet : Potong-potong kecil cabe merah.
  6. Ulek cabe merah, cabe rawit dalam cobek sampai halus.
  7. Tambahkan irisan tomat, ulek lagi sampai halus.
  8. Tambahkan terasi, ulek sampai rata.
  9. Tambahkan gula pasir dan garam sesuai selera. Aduk rata.
  10. Ayam Goreng : Panaskan minyak goreng. Celupkan potongan ayam rebus ke dalam sisa kaldu, goreng ayam dalam minyak yang banyak dan panas di atas api besar sampai kering. Tiriskan.
  11. Taruh ayam goreng panas-panas dalam cobek, tekan dengan ulekan.
  12. Hidangkan dengan nasi hangat dan lalapan mentah.

Catatan:

  1. Jika anda suka sambal bisa anda ganti dengan Sambal Kencur.
  2. Hati-hati saat menambahkan garam pada sambal karena ada beberapa jenis terasi yang sudah asin sehingga penambahan garam tidak diperlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar