dinda kirana dan risky nazar risky nazar and best friend risky nazar and dinda kirana  Kevin lukas dimas anggara

Senin, 03 Juni 2013

PECEL LELE


Pecel Lele

PECEL LELE


Catatan..

Anda sudah pernah menyantap Pecel Lele? Sajian khas dari kota Lamongan ini tak kalah populer dari Sotonya. Bagi anda yang belum tahu atau baru mendengar namanya, mungkin terbersit di benak anda akan sajian Nasi Pecel dengan lauk Lele Goreng. Tapi maaf bukan itu yang dimaksud he he :-). Pecel Lele merupakan hidangan yang terdiri dari Ikan Lele Goreng, disantap dengan Sambal Terasi dan dilengkapi dengan lalapan segar. Saya juga tidak tahu kenapa kok dinamakan Pecel Lele. Mungkin rekan2 dari kota Lamongan bisa menjelaskan lebih detail ;-)

Ikan Lele merupakan makanan yang kaya protein dan harganya lumayan terjangkau. Selain itu ikan jenis ini tersedia hampir di seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai ukuran dan jenisnya. Bagi anda yang tinggal di LN, paket ikan lele beku banyak tersedia di toko Asia. Salah satu jenis yang sering dijual adalah Yellow Walking Catfish ( Inggris) atau Gelbe Wels (Jerman).

Lalapan segar untuk Pecel Lele akan lebih afdol jika dilengkapi daun kemangi. Sayangnya daun ini susah dan jarang2 tersedia di tempat tinggal saya sekarang. Tapi meski absen rasanya tetap Nikmat dan Lezat!! Paduan antara Ikan Lele yang digoreng kering, gurih dan kriuk2 ditemani sambal Terasi yang pedass hmmmmmm...mertua lewat bakalan lupa kata orang jawa ha hah... So tunggu apa lagi??! Selamat Mencoba dan Ber hah hah huh huh sekaligus puasssssss..

Cara Membuat:

  1. Bersihkan ikan lele, jika perlu beri garam dan perasan air jeruk nipis dan diamkan selama 15 menit untuk menghilangkan lendir. Kerat2 kedua sisinya.
  2. Bersihkan ikan lele dengan air dingin. Taruh dalam wadah yang agak besar.
  3. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek.
  4. Tambahkan air ke dalam bumbu. Aduk rata.
  5. Tuang larutan bumbu ke dalam wadah lele. Rendam lele selama 15 menit agar bumbu meresap sempurnya.
  6. Lele Goreng : Panaskan minyak goreng. Goreng lele dalam minyak yang banyak dan panas di atas api besar sampai kering. Tiriskan.
  7. Sambal Terasi : Goreng sebentar cabe merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih dan tomat sampai setengah matang.
  8. (Pastikan jangan terlalu matang nanti cabe akan mengeras dan susah diulek).
  9. Angkat dari api lalu ulek dengan cobek sampai halus. Tambahkan terasi bakar/goreng, ulek kembali sampai rata.
  10. Tambahkan garam dan gula merah/pasir sesuai selera. Aduk rata. Sambal siap dihidangkan.
  11. Penyajian : Hidangkan lele goreng dengan sambal dan lalapan segar.

Catatan:

  1. Hati-hati saat menambahkan garam pada sambal karena ada beberapa jenis terasi yang sudah asin sehingga penambahan garam tidak diperlukan.
  2. Jika ingin membuat sambal dalam jumlah banyak, ya tinggal dibikin dobel jumlahnya. Mau pedas, silahkan tambah cabe rawitnya. Resiko silahkan tanggung sendiri ;-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar