dinda kirana dan risky nazar risky nazar and best friend risky nazar and dinda kirana  Kevin lukas dimas anggara

Senin, 03 Juni 2013

TINUTUAN / BUBUR MANADO


Tinutuan / Bubur Manado

TINUTUAN / BUBUR MANADO


Catatan..

Tinutuan atau Bubur Manado adalah makanan khas dari Manado - Provinsi Sulawesi Utara. Ibarat Nasi Goreng di Pulau Jawa atau Mpek-Mpek di Palembang begitu juga halnya dengan Tinutuan. Sajian ini bisa ditemui di mana saja di kawasan Manado. Tinutuan biasanya disajikan sebagai menu sarapan pagi.

Bubur yang penuh dengan sayuran dan kandungan serat pada ubi, labu dan sayuran ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat sehat untuk dikonsumsi. Makin enak disantap dengan ikan asin jambal roti dan sambal. Hmmmm...sedap ;-).

O ya ada khabar baik sehubungan dengan Tinutuan. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) merencanakan Tinutuan atau Bubur Manado, Sulawesi Utara, masuk sebagai ikon kuliner tradisional Indonesia. Makanya saya semakin semangat ikut mempromosikan sajian ini. So tunggu apa lagi?? Sebelum orang2 asing mencoba, apa salahnya anda mencicipi dulu, biar nggak malu sama dunia ha ha..

Cara Membuat:

  1. Panaskan 1500 ml air, serai dan jahe dalam panci sampai air mendidih.
  2. Masukkan beras, masak hingga setengah matang.
  3. Masukkan jagung pipilan dan tambahkan garam. Teruskan masak hingga jagung matang sambil diaduk sekali-kali (kurang lebih 10 menit).
  4. Jika anda memakai jagung pipil kalengan, masukkan jagung setelah ubi jalar & labu kuning matang karena jagung pipil kalengan sudah dimasak sebelumnya.
  5. Masukkan ubi jalar dan labu kuning. Masak dengan api sedang hingga seluruhnya lunak (kurang lebih 20 menit).
  6. Tambahkan daun kangkung / bayam. Masak sebentar hingga daun layu.
  7. Cicipi, jika perlu tambahkan garam secukupnya. Angkat.
  8. Hidangkan panas dengan pelengkapnya.

Catatan:

  1. Jika suka sayuran bisa anda variasi menurut selera. Selain bahan sayuran di atas bisa juga anda pakai kacang panjang, daun gedi dll.
  2. Sambal juga bisa anda ganti dengan sambal lain sesuai selera.
  3. Dalam resep ini saya tidak pakai daun kemangi karena susah didapat. Mohon maaf atas kekurangan di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar