dinda kirana dan risky nazar risky nazar and best friend risky nazar and dinda kirana  Kevin lukas dimas anggara

Senin, 03 Juni 2013

PINDANG IKAN KENAR


Pindang Ikan Kenari

PINDANG IKAN KENARI


Catatan..

Ini dia masakan khas dari Maluku, Pindang Ikan Kenari. Sebagai orang Jawa yang tidak begitu mengenal masakan dari kawasan Indonesia Timur, terus terang saya langsung jatuh cinta dengan masakan ini sejak pertama kali membuatnya. Bahkan suami sayapun mengakui, rasanya benar-benar sedap dan segar dengan aroma bumbu yang khas. Di daerah asalnya makanan ini biasanya disantap bersama Pepeda atau bubur sagu yang merupakan makanan pokok penduduk Maluku. Sayangnya tepung sagu tidak pernah saya temui sekalipun di sini, meski saya penasaran ingin mencoba sekalian. Mungkin saya harus nunggu pulang kampung dulu untuk menikmati Papeda ;-) Catatan: Berhubung buah kenari juga tidak tersedia di tempat tinggal saya sekarang jadi terpaksa saya ganti dengan buah Almond. Rasanya tak kalah lho.. Selain itu buah almond lebih mudah didapatkan di western country, sehingga memberi kemudahan bagi orang luar untuk mempraktekkan resep ini tanpa mengalami kesulitan untuk mendapatkan bahan. So untuk Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu terutama penduduk asli Maluku mohon maklum dengan keterbatasan di atas.

Cara Membuat:

  1. Haluskan semua bahan bumbu halus dengan cobek atau blender.
  2. Tumis bumbu halus bersama daun salam dan serai hingga matang dan berbau harum.
  3. Tambahkan 600 ml air panas, masak sampai larutan mendidih.
  4. Kecilkan api ke posisi sedang, masukkan ikan, tutup dan masak sampai ikan berubah warna dan matang.
  5. Tambahkan irisan tomat dan cabai merah, masak sampai layu.
  6. Tambahkan garam secukupnya. Beri 2 sdm air jeruk nipis. Angkat.
  7. Sajikan bersama pepeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar