dinda kirana dan risky nazar risky nazar and best friend risky nazar and dinda kirana  Kevin lukas dimas anggara

Senin, 03 Juni 2013

BINGKA LABU KUNING


Bingka Labu Kuning

BINGKA LABU KUNING


Tips!!

Ini dia hidangan dari labu kuning yang gampang cara bikinnya tapi nikmat rasanya. Suami saya yang nggak begitu ngefans sama labu kuning saja mengakui kalau kue ini rasanya sungguh nendang. Lebih heran lagi dia waktu saya bilang kalau bingka labu kuning ini "Made in Indonesia" alias Kalimatan Timur ha ha. Jadi tambah semangat dech saya promosi kue ini ke keluarga sampai mertua, sampai mereka penasaran ingin mencoba. Maklum kebanyakan orang Jerman tahunya cuma sup labu kuning yang mirip bubur itu ;-).

Ngomong2 banyak versi resep Bingka Labu Kuning yang saya koleksi dari internet maupun beberapa buku resep. Hasilnya saya sempat babak belur juga mempraktekkan versi ini itu sampai saya dapatkan sendiri takaran yang pas. Terus terang nggak semua resep benar dan enak. Beberapa versi mencantumkan takaran labu kuning yang terlalu sedikit sementara jumlah santannya terlalu banyak. Hasilnya bingka lebih mirip bubur yang lebih berasa santan daripada labu kuning ha ha. Kasihan dech gua ;-(. Memang benar kata orang pengalaman adalah guru yang paling berharga. Harapan saya semoga anda tak perlu patah arang karena bingka buatan anda terpaksa masuk tong sampah. So anda penasaran ingin mencoba? Itung2 menambah koleksi resep anda dari labu kuning yang murah dan bergizi.

Tips: Kocok telur dan gula sebentar saja asal gula larut, tidak perlu dikocok sampai mengembang atau terlalu lama karena bingka akan mengempis begitu diangkat. Biarkan bingka dalam cetakan sampai benar2 dingin, baru keluarkan dari cetakan supaya bingka tidak ancur. Bagi anda yang tinggal di LN, kalau tersedia pilih Labu jenis Hokaido. Labu ini rasanya sungguh manis dan betul2 nikmat. Jadi anda tak perlu menambahkan gula banyak2. Selamat Mencoba ..

Cara Membuat:

  1. Kukus labu kuning dengan dandang dalam keadaan tertutup sampai matang ( Kurang lebih 25 menit dihitung setelah air mendidih dan menguap).
  2. Haluskan labu kuning yang sudah dikukus dengan sendok kayu atau spatula sampai halus.
  3. Kocok telur dan gula pasir sebentar saja sampai gula larut.
  4. Tambahkan tepung beras, tepung terigu, labu kuning halus, vanili, garam dan santan.
  5. Kocok rata adonan dengan mixer dengan kecepatan rendah.
  6. Siapkan loyang bulat bergaris tengah 15 cm yang sudah dialasi kertas roti dan diolesi margarin.
  7. Tuang adonan ke dalam loyang. Panggang di dalam oven dengan suhu 160°C selama 70 menit. ( Untuk Recirculation / Resirkulasi/ Umluft program = 160°C selama 40 menit)
  8. Angkat dan dinginkan.

Catatan Tambahan:

  1. Kupas labu kuning sebelum dikukus untuk mempercepat waktu pengukusan sekaligus menghemat bahan bakar.
  2. Jika loyang dengan diameter kecil tak tersedia, silahkan pakai yang ada misalnya diameter 26 cm seperti yang saya pakai. Tentu saja bentuk bingka akan lebih rendah tapi rasanya tetap OK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar