dinda kirana dan risky nazar risky nazar and best friend risky nazar and dinda kirana  Kevin lukas dimas anggara

Senin, 03 Juni 2013

BAKSO


Bakso

BAKSO


Catatan!

Siapa yang tidak kenal Bakso? Bisa dibilang Bakso adalah Makanan Sejuta Umat ha ha ha. Gimana nggak? Bakso adalah satu2nya makanan rakyat yang bisa kita temui di manapun di seluruh kawasan Nusantara, mulai dari restauran mewah di hotel berbintang lima, di warung2 sepanjang jalan di Indonesia atau di gerobak makanan yang didorong oleh Abang Bakso dari kampung ke kampung. Makanan ini bisa disantap kapan saja tak kenal waktu: pagi, siang, sore bahkan sampai waktu tengah malam. Enak dinikmati saat turun hujan sampai panas terik yang menyengat, dilengkapi dengan saus sambal yang pedas.. wah bisa2 bikin kita mandi keringat sambil ber hah hah huh huh sekaligus puassssssss ;-).

Ngomong2 membuat Bakso yang enak dan lezat tidak sesulit yang anda sangka. Kelezatan Bakso bukan terletak pada penyedap masakan atau bahan yang aneh2. Kuncinya cuma sederhana, yaitu : Tambahkan bawang merah goreng yang dihaluskan bersama bumbu ke dalam adonan Bakso. Dijamin Bakso akan terasa gurih dan lezat seperti yang anda harapkan. Penasaran?? Silahkan buktikan sendiri!!

Tipps penting untuk membuat Bakso: 1. Pilih daging yang bagus dan tidak berlemak dan giling sendiri. Jangan menggunakan daging giling jadi yang tersedia di Supermarket karena daging jenis ini banyak mengandung lemak dan bakso akan ambyar saat direbus. 2. Saat awal perebusan, rebus bakso satu dulu, tunggu sampai matang dan terapung kemudian rasakan. Jika kurang asin atau manis tambah garam atau gula secukupnya, aduk kembali adonan sampai rata. Coba rebus satu lagi, rasakan...begitu seterusnya sampai rasa sudah benar2 pas sesuai selera anda, baru bulat2in dan rebus semuanya. Langkah ini penting untuk anda ikuti karena kalau sudah terlanjur direbus dan rasa bakso hambar atau tidak enak, bakso tidak bisa dirework alias masuk tong sampah ( dari pengalaman sendiri nich hehehe). 3. Hati2 dalam memilih kulit pangsit atau wantan. Kulit wantan terdiri dari 2 macam yaitu wantan sup dan wantan goreng. Kalau ketukar, ditanggung dalam waktu 2 jam pangsit anda akan lemas dan loyo. (dari pengalaman pribadi juga ha ha...Kasihan dech gua). So sekian dulu seminar tentang proses pembuatan Bakso. Selamat Mencoba dan semoga sukses OK..

Cara Membuat:

  1. Bakso : Haluskan bawang putih, bawang merah goreng, garam dan gula dengan cobek.
  2. (Jika anda menggunakan blender, masukkan bahan di atas ke dalam blender, tambahkan 50 ml dari air es, blender sampai halus).
  3. Pindahkan bumbu halus ke dalam mangkok yang agak besar, tambahkan tepung tapioka, aduk sampai rata. Sisihkan.
  4. Haluskan daging bersama telur dengan food processor atau blender. ( Iris daging kecil2 sebelumnya untuk mempermudah proses penghancuran).
  5. Tambahkan adonan tepung tapioka berbumbu ke dalam food processor, tambahkan sisa air dan proses kembali sampai adonan tercampur sempurna.
  6. Sebelumnya didihkan 3 lt air di dalam panci yang besar, tambahkan sedikit garam.
  7. Bulatkan 1 buah bakso, rebus dan cicipi. Tambahkan garam dan gula jika perlu.( Silahkan ikuti tipp yang sudah saya jelaskan di atas).
  8. Jika rasa udah pas, sisihkan sedikit adonan untuk pangsit jika anda suka. Bulat2kan sisanya dan rebus sampai matang. (Kurang lebih untuk 50 biji)

Pangsit Goreng:

  1. Pangsit Goreng: Isi tiap lembar dengan 1 sdt adonan dasar, lipat segitiga, lalu rekatkan kedua ujung dengan sedikit air.
  2. Goreng pangsit dalam minyak panas sampai kekuningan.

Kuah:

  1. Kuah : Didihkan kaldu atau air.
  2. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai matang dan berbau harum.
  3. Masukkan tumisan ke dalam kuah.
  4. Tambahkan irisan daun bawang, garam, merica dan kaldu bubuk.
  5. Tambahkan gula jika suka.
  6. Masukkan bakso rebus ke dalam kuah.

Cara Penyajian:

  1. Tata mie rebus dan sayur di dalam mangkok saji.
  2. Tambahkan bakso dan pangsit goreng. Siram dengan kuah.
  3. Taburi daun bawang dan bawang goreng.
  4. Terakhir tambahkan kecap manis dan sambal sesuai selera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar