dinda kirana dan risky nazar risky nazar and best friend risky nazar and dinda kirana  Kevin lukas dimas anggara

Senin, 03 Juni 2013

SAMBAL BAJAK PETAI


Sambal Bajak Petai

SAMBAL BAJAK PETAI


Catatan!!

Ini dia sambal bajak kesukaan saya kalau lagi mudik. Resep ini saya dapat dari nenek saya sejak masih kecil. Rasanya hmmm....kalau sudah makan ini mertua lewat bisa lupa kata orang Jawa. Paduan antara rasa pedas yang menyengat plus ikan teri goreng yang asin2 sedap ditambah lagi aroma petai yang menggugah selera. Nikmat membawa sengsara atau sengsara membawa nikmat tepatnya ha ha ha. Bagaimana nggak sengsara? Terus terang saya agak grogi kalau mau memasak yang mengandung bahan terasi. Soalnya kalau mau bikin makanan satu ini harus menunggu situasi dan kondisi yang tepat. Maklum tinggal di negeri orang harus pandai2 membawa diri biar nggak diprotes sama tetangga sebelah. Soalnya terasi yang menjadi unsur paling esensial dalam pembuatan sambal, yang baunya harum semerbak di hidung kita ini nyatanya merupakan momok bagi orang2 Eropa. Menurut mereka baunya sangat aneh dan menusuk (tidak sedap). Jadi kalau saya mau menggoreng terasi saya liat2 dulu situasi dan kondisi di sekitar. Kalau tetangga lagi pergi atau liburan saya usahakan menggoreng terasi sebanyak mungkin lalu saya simpan dalam kulkas untuk pemakaian berulang-ulang. Anehnya meski penuh perjuangan tak pernah surut cinta saya padamu terasi he he. So buat yang tinggal di tanah air berbahagialah anda yang bisa menikmati sambal terasi kapan saja dan di mana saja tanpa dihantui rasa was-was yang berlebihan. Yukk ah..kita lestarikan sambal mak nyuss produksi dalam negeri ;-)

Cara Membuat:

  1. Kupas petai, buang kulit ari, cuci bersih dan tiriskan.
  2. Goreng ikan teri sampai kering, tiriskan.
  3. Blender cabe merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat dan terasi sampai halus.
  4. (Jika perlu tambahkan sedikit minyak untuk mempermudah proses penghancuran).
  5. Tumis bumbu halus beserta bahan pelengkap lainnya ( kecuali petai dan ikan teri) dengan api sedang.
  6. Jika air sudah mengering, masukkan petai. Aduk rata.
  7. Masak kembali dengan api kecil sampai sambal benar2 matang. Aduk sesekali supaya tidak gosong.
  8. Terakhir masukkan teri goreng, aduk sebentar dan angkat dari api.

Catatan Tambahan:

  1. Jika sudah dingin sambal bisa anda simpan di dalam wadah tertutup rapat kemudian simpan dalam kulkas.
  2. Sambal Bajak ini bisa tahan lama dan bisa anda konsumsi untuk beberapa hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar